Establishment Day of the Nation Film

hm

30 maret adalah tanggal di tetapkannya hari film nasional tepatnya tanggal 30 maret 1950
sekilah mengapa 30 maret ditetapkan sebagai hari film nasional.


Usmar Ismail yang sempat bekerja untuk perusahaan film Belanda akhirnya keluar dari perusahaan tersebut karena ketidak-cocokannya dengan sistem yang diterapkan.
Ia pun mendirikan perusahaan film sendiri yang bernama Perfini (Perusahaan Film Indonesia).
Produksi pertama film ini adalah “Darah&Do’a” atau “The Long March of Siliwangi” yang perekamannya dimulaipada 30 Maret 1950.

Tanggal ini ditetapkan sebagai hari lahirnya Film Nasional karenapada 30 Maret 1950 merupakan hari pertama pengambilan gambar film “DarahdanDo’a” atau “Long March of Siliwangi” yang disutradarai oleh Usmar Ismail.

hm 2

Ada alasannya, nih, kenapa penetapan hari itu dipilih saat film “Darah dan Doa”. Itu karena “Darah dan Doa” adalah film local pertama yang mencirikan Indonesia. Yah, bias dibilang Indonesia banget, deh!
Selain factor itu, sutradara dan perusahaan yang memproduksi film “Darah dan Doa” juga asli orang Indonesia. Perusahaan yang dimaksud bernama Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) dan Usmar Ismail adalah pendirinya
Film ini mengisahkan tentang perjalanan jauh serombongan tentara bersama parapengungsi, di dalamnya terjadi saling tertarik hati antar komando tentara dengan salah satu pengungsi wanita Indo-Belanda, wanita dari kalangan musuh yang sedang diperangi, ceritanya digarap oleh Sitor Situmorang

source: http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Boleh-Tahu/Pengetahuan-Umum/Hari-Film-Nasional

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply