kereta Api Presiden Pertama Republik Indonesia


Pada massa pemerintahan presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno ada beberapa alat transportasi yang digunakan untuk mempermudah tugas beliau sebagai kepala Negara, salah satunya adalah kereta api.

Kereta IL 7 adalah kereta api luar biasa (KLB) presiden pertama RI. KLB ini merupakan rangkaian kereta api yang dipergunakan oleh Presiden Soekarno beserta rombongan cabinet mentrintya ketika pemerintahan RI hijrah dari Jakarta ke Yogyakarta pada tanggal 3 januari 1946, kereta ini di buat di bengkel besar staatsspoorwegen di Bandung 1919 pada massa Hindia Belanda.

Kereta ini berfungsi sebgai kereta inspeksi gubernur jendral Belanda, intior terdiri dari meja kursi yang dapat dipindah, tempat tidur, kasur dan bantal, ada juga satu kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub dan wc serta balkon di bagian ujung kereta. KLB ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin udara yg berasal dari beberapa balok es batu yang dimasukkan ke dalam kotak dan dihembuskan dengan udara sehingga udara dingin dari balok es dapat bersikulasi. Dengan demikian, seluruh ruangan di dalam kereta menjadi sejuk dan segar.

Saat ini Kereta Luar Biasa tersebut menjadi salah satu benda bersejarah yang disimpan di Musium Transportasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

 Di Susun Oleh : Ghivari Gustian

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply