FROSH FM Radio Komunitas yang Tidak Kalah Dengan Radio Komersil

Radio adalah sebuah media massa yang sering di perdengarkan kepada masyarakat. Tak jarang kita mendengarkan berita atau informasi atau bahkan hiburan yang di berikan oleh penyiaran radio. Selain penyiar radio yang menyampaikan sebuah informasi dan hiburan kepada pendengar, musik salah satu bumbu utama radio yang di perdengarkan agar radio tetap hidup dan tidak kalah dengan media lainnya.

Radio komersil yang di dengar oleh pendengarnya  mempunyai karakter masing-masing dan mempunyai keunggulan yang mereka punya,namun diluar radio komersil yang kita dengar , lahir sebuah radio komunitas kampus yang tidak kalah dengan radio komersil di indonesia.

Fikom Radio Sahid atau yang di singkat Frosh Fm adalah salah satu radio komunitas yang lahir pada tanggal 27 Januari 2011. Radio komunitas ini memberikan wadah mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya di bidang penyiaran khusunya radio, seperti namanya Fikom Radio Sahid ini berdiri di Universitas Sahid Jakarta.  Sudah hampir 7 tahun mereka berdiri memiliki 69 anggota yang ada di dalamnya, ruangan yang kecil dan alat sederahana tidak menghalangi mereka untuk berkegiatan.

Kegiatan Frosh Fm tidak kalah dengan radio komersil lainnya, bahkan sekarang radio komunitas ini mempunyai aplikasi untuk mempermudah ” Froshers” panggilan untuk pendegarnya mendengarkan Frosh Fm. di Frosh Fm mempunyai divisi yang sama dengan radio komersil seperti penyiar,produser,creative director,program director dan masih banyak lagi divisi yang sama dengan radio komersil seperti divisi sosial media yang khusus untuk mengelola sosial media FroshFm agar terlihat aktif, lalu ada divisi marcom atau marketing communication untuk memasarkan radio komunitas ini ke pihak luar seperti media partner dan lain sebagainya. Setelah marcom ada yang tidak kalah pentingnya yaitu divisi website untuk mengelola website Frosh Fm agar terlihat rapih dan aktif.

FroshFm juga memiliki ketua umum atau radio komunitas ini menyebutnya “Station Manager” yang bertugas untuk mengontrol semua kegiatan yang ada di dalam Frosh Fm.

Bimo Sakti Dewantoro sebagai Station manager yang saat ini menjabat mengatakan,bahwa masih ada kegiatan diluar siaran sehari-sehari yang dilakukan anggota Frosh Fm, yaitu ada materi announcer untuk memperdalam ilmu siaran agar lebih lihai melakukan siaran yang biasanya diisi oleh penyiar-penyiar profesional.

 

Selain materi yang dilakukan, ada Lost In Stereo yaitu program off air dari radio komunitas ini yang biasanya mengundang arti-artis besar untuk mengisi di acara tahunan radio komunitas ini. Lalu ada buka bersama untuk menjalin silaturahmi sesama anggota agar lebih erat.Dan yang terakhir ada outing untuk refreshing atau liburan karena banyaknya tugas kuliah atau tugas-tugas lainnya. Radio komunitas ini juga sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan besar seperti seperti CGV cinemax, Gen FM, Google allo  dan lainnya. Radio komunitas ini juga berhasil  melahirkan talenta-talenta penyiar yang hebat dan bisa bersaing dengan penyiar-penyiar radio komersil yang ada di indonesia.

Frosh Fm membuktikan bahwa radio komunitas kampus bisa seperti radio komersil yang ada di indonesia,bahkan bisa melahirkan talenta-talenta penyiar yang tidak kalah dengan radio komersil yang ada di indonesia.

 

Penulis : Nugrahantya

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply